Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

  1. Bersihkan gigiHasil gambar untuk bersihkan gigi

Rajin menyikat gig 2x sehari (setelah sarapan dan sebelum tidur malam) untuk membersihkan gigi dari sisa makanan atau minuman. Apabila perlu, bisa menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi.

2. Obat Kumur (Mouthwash)

Hasil gambar untuk obat kumur

Apabila perlu bisa menggunakan obat kumur untuk membunuh bakteri dan menghilangkan pada area yang sulit dijangkau sikat gigi.

3. Makanan Manis dan Lengket

Hasil gambar untuk makanan manis dan lengket

Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis dan lengket karena jenis makanan tersebut mudah menempel dan permukaan gigi sehingga bisa menyebabkan gigi belubang jika gig tidak dibersihkan.

4. Vitacimin C

Hasil gambar untuk vitamin c

Konsumsi vitamin C mampu mencegah terjadinya radang gusi atau perdarahan pada gusi. Selain itu, vitamin C dapat digunakan untuk mencegah terjadinya sariawan pada rongga mulut.

5. Kumur Setelah Selesai Makan

Gambar terkait

Menyikat gigi beberapa menit setelah selesai makan, sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi, bekumur-kumur bmenggunakan air bersih bisa menjadi alternatif untuk membantu menghilangkan sisa makanan yang  masih menempel di permukaan gigi atau terselip di sela gigi.

6. Periksa ke dokter gigi
Hasil gambar untuk periksa ke dokter gigi

Disarankan periksa ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut kita serta konsultasi dengan dokter gigi.

 

Sumber: www.bpjs-kesehatan.go.id


Leave a Reply